Cara Cepat Memproduksi Telur Ternak Ayam Kampung

Cara Cepat Memproduksi Telur Ternak Ayam Kampung Ayam kampung termasuk ayam yang tidak teratur dalam bertelur. Ada yang bertelur selama waktu. Tetapi ada banyak salah satunya yang sesudah bertelur. Mengerami serta mengasuh anak-anaknya kemudian terhenti dalam waktu yang lumayan lama untuk bertelur kembali.

Langkah Ternak Ayam Petelur – Hingga peternaknya bingung kenapa ayamnya tidak bertelur. Ada banyak unsur yang mengakibatkan ayam kampung tidak teratur berproduksi. Mengonsumsi pakan yang kurang memiliki kandungan protein, terkena penyakit, datang dari bibit yang tidak unggul. Sedang mengasuh anak-anaknya, cuaca ekstrim khususnya panas terik memengaruhi produktivitas ayam.

Cara Cepat Memproduksi Telur Ternak Ayam Kampung

Cara Cepat Memproduksi Telur Ternak Ayam Kampung

  • Nutrisi Makanan

Waktu ayam masuk waktu produktif yaitu usia ayam sekitar 5 bulan keatas. Karena itu memberi makanan yang tinggi nilai nutrisinya. Dalam ransum makanan seharian yang memiliki kandungan air, karbohidrat, lemak, mineral, protein dan vitamin. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi ialah siput atau bekicot. Hewan itu relatif gampang dicari di sekitar sawah khususnya musim hujan. Anda Tinggal memangkas jadi ukuran yang kecil untuk mempermudah ayam menyantapnya.

  • Menyapih Anak Ayam

Pemberian makanan minimal diberikan 2 kali dalam satu hari. Untuk menjaga ayam tidak kekurangan konsumsi nutrisi bergizi. Jika ini dikerjakan terus-terusan sampai ayam siap untuk bertelur karena itu produksi telur akan bertambah dengan cepat. Dibanding dengan ayam yang diberi makanan dengan konsumsi gizi yang kurang mencukupi.

Ayam yang sedang mengasuh anak ayam akan berhenti bertelur untuk sesaat waktu. Jika anda mempunyai mesin penetas telur, karena itu ayam anda tak perlu mengasuh beberapa anak ayam. Sebab waktu dia bertelur pekerjaan mengerami sudah diambil-alih mesin penetas. Sesudah menetaspun tak perlu mengasuh sebab kelak akan dimasukkan dalam boks spesial serta dikasih lampu 40 watt. Dengan demikian ayam akan terus-meneus bertelur. Jika anda tidak punyai mesin penetas, karena itu waktu anak ayam menetas langsung dipisah. Serta ditempatkan dalam kotak yang dikasih lampu 40 watt supaya tetap hangat. Dengan begitu ayam akan kembali bertelur kembali.

Baca Juga : Obat Alami Supaya Ayam Cepat Bertelur

  • Memandikan Ayam

Ayam sesudah bertelur lumayan banyak, umumnya telah tunjukkan pertanda akan mengeram. Bila kita ingin ayam itu terus bertelur, anda cukup memandikan ayam itu tiap pagi sepanjang 4 hari beruntun. Sesudah dimandikan selekasnya terlepas dibiarkan di luar kandang.

Umumnya satu minggu sesudah proses pemandian, ayam itu dapat bertelur kembali. Pasti anda harus memerhatikan cuaca saat itu. Bila mendung bahkan juga hujan, proses pemandian jangan dikerjakan. Dikuatirkan ayam akan kedinginan yang dapat menyebabkan kematian.

  • Kawin Silang

Ayam yang datang dari keturunan yang tidak unggul akan membuahkan keturunan yang rendah dalam berproduksi. Karena itu butuh dikerjakan perkawinan silang supaya anak yang dibuat memiliki produktivitas bertelur yang tinggi. Contoh-contoh ayam yang memiliki produktivitas telur yang tinggi ialah ayam Arab.

Pada kawin silang kita semestinya tahu jalur keturunan dari ayam yang akan kita kawin silangkan. Supaya betul-betul membuahkan bibit yang unggul. Sedang ayam Pelung memiliki postur yang besar pas untuk pedaging. Saat ini ada perkawinan silang di antara ayam Pelung serta ayam petelur. Yang membuahkan ayam Joper yang ayam tinggi produksi telur serta dagingnya.

  • Kawin Suntik

Kawin suntik belum demikian umum dipakai dalam warga. Biasanya kawin suntik dipakai pada hewan sapi. Pada kawin suntik, kita tak perlu tahu jalur keturunan pejantan yang akan dikawin-silangkan. Kita cukup minta supaya ayam kita disuntik dengan bibit yang datang dari bibit ungul.

Terkaitkan Dari : Ayam ISA Brown Dikenal Ayam Petelur

  • Modifikasikan Kandang

Biasanya ayam kampung dibiarkan dalam lingkungan kandang yang luas. Tetapi untuk membuat berproduksi semakin banyak, butuh dibuatkan kandang sama dengan ayam petelur. Jadi ayam sedikit bergerak jadi daya yang dikeluarkan semakin lebih dikit. Dengan demikian ayam akan konsentrasi bertelur. Selain itu ayam yang dibikin dalam kandang hanya terbatas, makanan lebih teratur serta termonitor kebersihan serta kandungan gizinya.

  • Pemberian Vaksinasi

Selain itu ayam butuh diberi vaksinasi contohnya ND (Newcastle Disease) untuk menangani penyakit sampar atau tetelo. Jauhi pemakaian obat-obatan yang memiliki kandungan bahan kimia. Bila memang sakit, selekasnya dikarantina apabila sangat mungkin diobati dengan obat-obatan alamiah. Obatan alamiah tidak memiliki resikonya pada produksi daging, telur yang dibuat oleh ayam. Pada saat penggunannya tidak terlalu berlebih tentu saja.

  • Faktor Usia Ayam

Umur yang terbaik untuk bertelur ialah sesudah ayam berusia 8 bulan. Itu waktu yang pas untuk tingkatkan produktivitas dengan optimal. Sesudah 8 bulan ayam masih bisa berproduksi tapi banyaknya makin alami penurunan.

Demikian Penjelasan dari Tajen Online yang membahaskan Artikel Sabung Ayam S128 Yaitu Cara Cepat Memproduksi Telur Ternak Ayam Kampung.

Terima kasih atas kunjungan anda. >> +62812-2222-995

Dengan label: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*