Langkah Menjaga Anak Ayam yang Benar

Langkah Menjaga Anak Ayam yang Benar – Umur anak ayam dibawah 15 hari adalah masa-masa yang cukuplah penting buat perubahan seterusnya. Ditambah lagi bila dihubungkan dengan tujuan pemeliharaan ayam kampung jadi penghasil daging. Bila semacam itu, bagaimanakah cara menjaga anak ayam yang benar supaya tumbuh secara baik?

Di bawah ini langkah-langkah menjaga anak ayam yang penting dilihat

  • Mengendalikan skema pemanasan serta suhu kandang

Anak ayam yang baru menetas (DOC), begitu rawan pada pergantian situasi suhu ruang (kira saja 25°C) yang berlainan dengan aslinya (suhu badan induk seputar 36°C-38°C). Anak ayam butuh menyesuaikan dengan lingkungan baru. Karenanya, penting diberi pemanas dengan lampu atau langkah lain pada kandang.

Pengontrolan suhu ini harus dikerjakan sekerap mungkin, dengan memakai thermometer yang ditempatkan dalam kandang brooder dengan ketinggian 20-30 cm diatas litter. Atau, dapat dikerjakan dengan lihat kegiatan serta penyebaran anak ayam, yakni apa anak ayam akan menebar rata dalam brooding, mendekati pemanas, atau justru menjauhi pemanas.

  • Alas kandang ayam (litter)

Litter adalah alas lantai kandang yang berperan untuk menyimpan serta menyerap air dari feses, meminimalisir berlangsungnya lepuh dada serta kaki dan untuk mengawasi kehangatan kandang brooder.

Beberapa bahan yang bisa dipakai jadi litter semestinya memiliki karakter daya serap airnya baik, tidak berdebu, gampang didapatkan, serta murah harga nya. Bahan litter harus bersih dari kotoran atau kuman. Oleh karenanya, sebelum dipakai butuh didesinfeksi terlebih dulu dengan memakai larutan desinfektan.

  • Kepadatan kandang

Kepadatan kandang anak ayam adalah hal penting yang perlu dilihat. Kandang brooder yang begitu padat akan turunkan tersedianya oksigen, tingkatkan amoniak, merubah kegiatan ayam, dan tingkatkan pertarungan antar ayam dalam memperoleh oksigen serta makanan. Kandang anak ayam yang begitu padat akan merangsang kanibalisme (ayam sama-sama patuk).

  • Pemberian makanan serta vitamin anak ayam

Beri ransum dengan ad libitum (bila lapar dikasih makan) dalam brooding, tapi langkah pemberiannya dikerjakan dikit demi sedikit dengan frekwensi sekerap mungkin. Beri air minum dengan memakai air yang bersih, fresh, serta dingin.

Beri vitamin atau obat antistres yang dicampurkan di air minumnya saat DOC baru datang, cuaca jelek, dan 3 hari sebelum serta 3 hari sesudah dikerjakan vaksinasi. Kerjakan vaksinasi ND saat anak ayam berusia 4 hari lewat cara tetes mata. Waktu brooding ini berjalan sepanjang 2 minggu.

Tempat ransum serta tempat minum anak ayam bisa didapat baik dari sampah/ barang sisa yang gampang didapatkan seperti potongan boks (kotak pembawa) DOC. Anda dapat juga beli tempat pakan yang telah jadi yang banyak di jual di poultry shop.

Untuk DOC baru masuk kandang, minuman anak ayam diberi larutan gula dengan konsentrasi 2%. Ini bermanfaat untuk percepat ayam memperoleh daya sebelum organ pencernaannya berkembang prima.

  • Pencahayaan kandang ayam

Pada minggu pertama anak ayam memerlukan pencahayaan, baik siang ataupun malam sepanjang 24 jam. Terdapatnya pencahayaan akan merangsang ayam selalu untuk konsumsi ransum. Sinar dapat merangsang kelenjar tiroid untuk mensekresikan hormon tiroksin yang berperan tingkatkan proses metabolisme hingga bisa meningkatkan perkembangan anak ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*