Langkah Ternak Ayam Kampung

Langkah Ternak Ayam Kampung, Beberapa orang memandang ternak ayam kampung sama juga dengan ayam buras. Walau sebenarnya ada ketidaksamaan arti pada ayam buras serta ayam kampung. Arti ayam buras dipakai untuk menyebutkan type ayam yang bukan ras, untuk membedakannya dengan kelompok ayam ras seperti ayam broiler ayam ras petelur.

Langkah Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung termasuk juga kelompok ayam buras. Beberapa jenis ayam buras lainnya salah satunya ayam bangkok, ayam pelung, ayam arab, ayam kedu, ayam katai, ayam nunukan dan sebagainya.

Awalannya ternak ayam kampung banyak dikerjakan dengan subsisten alias menjadi sambilan saja. Ayam kampung dijaga di pekarangan-pekarangan dengan skema umbaran, atau di terlepas liarkan. Arah ternak ayam kampung untuk diambil dagingnya sebab produksi telurnya relatif rendah.

Seriring meningkatnya keinginan ayam kampung baik daging ataupun telurnya, ternak ayam kampung sekarang banyak diupayakan dengan semi intens serta intens. Ternak ayam kampung juga bukan sekedar diambil dagingnya, tetapi banyak yang fokus pada telur.

Untuk produksi telur, beberapa peternak lebih pilih type ayam buras yang lain yang mempunyai produktivitas tambah tinggi. Salah satunya type ayam arab serta ayam pocin.

Di mana karakter telurnya serupa dengan ayam kampung. Menjadi perbandingan, produktivitas telur ternak ayam kampung cuma sampai 115 butir per tahun, sedang ayam arab dapat sampai 225 butir telur per tahun.

Skema ternak ayam kampung

Seperti telah disinggung awal mulanya, ada beberapa cara ternak ayam kampung. Yakni dengan skema umbaran serta semi intens. Cara ternak ini memastikan type kandang yang perlu disediakan.

  • Skema umbaran

Untuk ternak ayam kampung skema umbaran, tidak ada ketetapan bentuk kandang. Oleh karenanya seringkali pun dimaksud kandang asalan. Perihal penting kandang itu dapat membuat perlindungan ayam dari dinginnya malam serta tangan-tangan jahil. Payam skema umbaran, ayam dilewatkan terlepas liar. Saat pagi hari ayam dilepaskan serta mendekati sore ayam dimasukkan dalam kandang.

Skema umbaran ini pas dikerjakan di desa-desa yang masih tetap huniannya masih tetap mempunyai pekarangan luas. Dengan skema umbaran, peternak lebih irit dalam memberi pakan serta perawatan harian. Ayam umumnya mencari penambahan pakan sendiri. Tetapi kelemahannya, produktivitas ternak ayam kampung dengan skema ini begitu rendah. Diluar itu, ayam jadi liar bahkan juga sampai tidak ingin masuk kandang serta tidur dengan menempati di pohon-pohon.

Perkawinan pada ternak ayam kampung skema umbaran berlangsung dengan alami seperti di alam bebas. Umumnya betina yang bertelur akan mengerami telurnya sendiri sampai menetas serta pelihara anak-anak mereka. Peternak perlu menyiapkan tempat mengeram yang nyaman buat induk betina.

Skema umbaran

  • Skema semi intens

Untuk skema semi intens dapat dipakai kandang type pekarangan. Kandang type ini berbentuk hamparan tempat yang sekelilingnya dipagari supaya ayam tidak dapat keluar dari lingkungan kandang. Dalam area kandang disiapkan kandang terutup tempat ayam beristirahat atau berteduh dari hujan.

Type kandang pekarangan semestinya dilewatkan beralaskan tanah serta ditumbuhi hijauan seperti rerumputan. Kadang-kadang tanah dapat dicangkuli supaya tidaklah terlalu padat hingga cacing tanah dapat tumbuh untuk pakan alami ayam. Tipa kandang lainnya seperti type postal serta type baterei jarang dipakai untuk ternak ayam kampung. Faktanya, sebab cost pembuatan serta operasionalnya tidak sesuai dengan produktivitas ayam kampung. Terkecuali untuk beberapa macam ayam buras yang lain seperti ayam arab, ayam poncin, ayam nunukan serta ayam kampung unggul hasil silangan.

Perkawinan pada skema semi intens, manfaatkan kandang koloni. Kandang memiliki ukuran luas 1×2 mtr. dengan tinggi 0.75-100 cm. Kandang sebesar ini dapat ditempati oleh 6 induk betina serta 1 ekor jantan. Perkawinan dapat berlangsung dalam beberapa waktu. Sesudah induk betina dikawini pejantan, dalam tempo tiga hari telur yang dibuat dapat diyakinkan fertil atau dapat menetas (tiga hari terhitung semenjak kawin bukan masuk kandang).

Telur yang dibuat dalam kandang koloni selekasnya dikeluarkan serta diambil untuk dierami oleh indukan lainnya. Atau juga bisa dierami unggas lainnya seperti entog atau bebek. Atau dapat memakai inkubator. Jika indukan betina dalam kandang koloni alami waktu mengeram dapat di hilangkan dengan diguyur atau direndamnya di air bersih.

Pelihara ayam kampung

Ayam kampung adalah ayam lokal asli. Konon ayam ini datang dari ayam rimba yang dijinakan. Janganlah tertipu dengan beberapa jenis ayam buras lainnya seperti ayam katai serta ayam arab. Walau sekarang banyak didapati hasil silangan ayam kampung untuk tingkatkan produktivitasnya. Keunggulan ayam kampung memiliki ketahanan yang cukuplah kuat pada penyakit.

Bibit ayam kampung dapat didapat dengan beli berbentuk telur, Day Old Chicken (DOC), atau indukan. Jika beli berbentuk telur, yakinkan tahu asal-usul telur itu. Jika pilih bibit dari DOC, ketahui beberapa ciri yang baik diantaranya tidak cacat, berdiri tegap, mata cemerlang, pusar terserap prima, serta bulu bersih.

Ternak ayam kampung umumnya tidak memperbedakan pada ayam petelur serta ayam pedaging. Produktivitas bertelur ayam kampung begitu rendah, seputar 115 butir per tahun. Pertumbuhannya pun lamban, sampai usia 2 bulan ukuran ayam masih tetap sebesar kepalan tangan orang dewasa. Baru pada usia 8-12 bulan ayam kampung telah siap untuk ukuran mengkonsumsi.

Ada asumsi salah tentang ayam kampung, yakni ayam betina cuma dapat bertelur jika dikawini oleh pejantan. Opini itu salah, sebab ayam kampung seperti pun ayam ras petelur serta unggas yang lain dapat bertelur walau tidak dikawini. Ayam kampung dapat juga produktif asal memperoleh perlakuan serta pemberian pakan yang pas. Telur yang dibuat sebab tidak dikawini infertil serta tidak menetas.Ayam kampung bisa bertelur sesudah berusia 6 bulan.

Tidak seperti ayam ras, betina ayam kampung memiliki perasaan yang tinggi untuk mengerami telur serta pelihara anaknya. Waktu periode mengerami serta mengasuh anak, ayam betina jadi agresif membuat perlindungan anaknya.

Ada perihal yang perlu dipantang dalam ternak ayam kampung asli, yaitu janganlah mengurung ayam 24 jam serta janganlah cuma memberi pakan pabrikan saja. Jika ke-2 hal itu dikerjakan, bersiap untuk tidak untung. Ayam kampung asli yang dikurung 24 jam berarti mesti dikasihkan pakan bikinan dengan terus-terusan. Akhirnya, sebab pertumbuhannya lamban, cost pakan yang dikeluarkan tidak menutupi biaya produksi.

Jadi bagaimanakah cara pelihara ayam kampung supaya untung? Biarlah pekarangan di pagar beralaskan tanah ditumbuhi rerumputan. Lingkungan semacam itu akan memberi pakan alami buat ayam. Hijauan akan tumbuh menjadi pakan penambahan serta cacing tanah dapat juga penuhi keperluan protein ayam. Ada rutinitas ayam mengonsumsi kerikil untuk menolong pencernaan di tembolok mereka. Pakan bikinan dikasihkan tidak dengan intens, cuma 2-3 barangkali satu hari. Bekasnya biarlah ayam mencarinya sendiri.

Pakan ayam kampung

Sedikit pabrikan yang menghasilkan pakan untuk ayam kampung, beberapa ada pakan untuk ayam buras type lainnya seperti ayam arab, ayam poncin, ayam kampung unggul. Jika pakan ayam ras dikasihkan untuk ternak ayam kampung dapat diyakinkan cost produksinya begitu mahal. Pada umumnya, keperluan pakan untuk ternak ayam kampung ialah seperti berikut:

Rata Rata Umur

Untuk mengakali mahalnya pakan, peternak dapat meramu pakan bikinan. Ayam kampung memerlukan pakan yang memiliki kandungan protein kasar 12% serta daya sebesar 2500 kkal/kg. Tersebut langkah membuat pakan untuk ayam kampung:

  1. Pakan untuk ayam usia 0-2 bulan dapat memakai pakan ayam broiler. Untuk usia ayam 2-4 bulan dapat dikasihkan pakan broiler digabung dengan dedak serta jagung dengan perbandingan 1:3:1.
  2. Untuk ayam dengan usia diatas 4 bulan, dapat dikasihkan kombinasi pada layer serta dedak atau jagung dengan perbandingan 1:2. Beri juga hijauan sekitar 20 persen dari keperluan pakannya. Keperluan pakan seputar 7-8 gr /hari, dapat dikasihkan 2-3 kali satu hari.
  3. Untuk ayam yang masuk periode bertelur, umumnya usia lebih dari 6 bulan, beri pakan berbentuk kombinasi dari layer serta dedak dengan perbandingan 1:1. Serta imbuhkan hijauan sekitar 25% dari keperluan pakannya. Keperluan pakan untuk periode ini 85 gr /hari, dapat dikasihkan 2-3 kali satu hari.
  4. Jika tidak ingin beli pakan pabrikan, dapat dibuatkan pakan dari sumber pilihan. Tersebut beberapa bahan yang dapat jadikan pakan untuk ternak ayam kampung: talas (umbi serta daunnya), beras sangat murah, dedak, tepung tulang atau cangkang keong. Langkah membuat lihat panduan dibawah.
  5. Menjadi pakan penambahan dapat dicarikan sisa-sisa makanan rumah tangga atau restoran atau bekas pemrosesan pangan seperti ampas tahu.
  6. Pekarangan yang dilewatkan serta dirawat supaya tumbuh hijauan pun menolong menyiapkan pakan penambahan buat ayam kampung.

Pemanenan serta penjualan

Berlainan dengan ternak ayam ras, ternak yam kampung umumnya tidak konsentrasi pada telur atau daging saja. Tetapi digerakkan dengan sekaligus juga baik daging ataupun telur. Jadi, penjualan ayam kampung pun tidak ketat di hari atau bulan ke demikian ayam mesti dipanen. Peternak memiliki keleluasaan untuk menanti harga terunggul.

Ayam kampung dapat dikonsumsi sesudah usia lebih dari 8 bulan. Jika harga saat itu, tidak menarik peternak dapat menanti sampai usia 12 bulan atau lebih. Ayam dapat ditempatkan untuk diambil telurnya saja. Terkecuali untuk telur, jika telur yang dibuat infertil mesti masih di jual sebab akan busuk. Tetapi jika telurnya fertil atau dapat menetas, peternak dapat tunda menjualnya serta telur dapat selalu dierami indukan ayam serta ditetaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*