Langkah Ternak Ayam Petelur Paling Gampang

Langkah Ternak Ayam Petelur Paling Gampang bersamaan dengan ramainya keperluan pasar, sekarang ini makin banyak yang lakukan ternak ayam, baik itu ternak ayam petelur ataupun ternak ayam pedaging.

Meskipun sekarang ini makin bertambah peternak ayam petelur, tetapi keinginan pasar tetap bertambah, hingga suplai telur di market belum juga tercukupi, bahkan juga kadang suplai telur yang kurang berefek di harga telur yang naik.

Ayam Petelur

Berlainan dengan ayam Bangkok, ayam petelur ialah ayam betina dewasa yang bisa membuahkan telur, telur yang dibuat jumlahnya nya banyak serta dengan terus-terusan, dengan demikian ayam type petelur ini dapat di budi daya kan untuk di gunakan telur nya untuk di jual.

Memproses masakan memiliki bahan telur sangat popular di warga, dari mulai kelompok bawah sampai kelompok elit juga konsumsi nya sebab banyak sekali variasi nya.

Diluar itu telur memiliki kandungan protein yang tinggi sekali yang dapat berguna buat badan manusia.

Untuk anda yang tertarik untuk ternak ayam petelur, masih memiliki kesempatan di market yang masih besar untuk mengawali usaha di bagian ini.

Tetapi bila anda punya niat untuk ternak ayam petelur ini harus tahu langkah – langkah yang benar dan baik, agar ternak ayam petelur mendapatkan hasil yang optimal serta tidak tidak untung.

Di bawah ini banyak hal yang butuh diperhatikan serta di buat persiapan yang butuh anda tahu tentang ternak ayam petelur.

Persiapan Kandang Ternak Ayam Petelur

Langkah awal sebelum mengawali usaha ternak ayam petelur ialah harus membuat atau menyiapkan kandang nya, tempat kandang harus dilihat.

Supaya tidak memunculkan permasalahan untuk kedepan nya, upayakan tempat kandang jauh dari permukiman masyarakat, supaya berbau yang muncul dari kotoran ayam atau dari ayam tersebut tidak mengganggu masyarakat.

Diluar itu tempat yang jauh dari keramaian dapat juga kurangi kemungkinan stress pada ayam yang di ternak, dan menahan penyebaran wabah penyakit pada manusia jika muncul penyakit pada ternak ayam petelur.

Tetapi meskipun jauh dari pemukiman masyarakat atau keramaian tempat bisa di jangkau alat transportasi, untuk mempermudah operasioanal ternak ayam petelur.

Type kandang untuk ternak ayam petelur:

  • Kandang umparan/ biasa

Kandang mode ini berupa kandang biasa, ayam ternak ditempatkan pada sebuah kandang serta hasil telur ayam nya akan bertebaran di lantai, hingga membutuhkan aksi lebih untuk perlakuan pada hasil telur, contohnya tentang pemungutan telur dan mengenai kebersihan telur.

  • Kandang baterei

Sebab mode ini buat spesial untuk ayam petelur, untuk mempermudah waktu pelihara dan waktu panen atau pengumpulan telur.

Kandang ini dikira bisa tingkatkan produksi telur, sebab ruangan gerak nya hanya terbatas, hingga tidak habiskan daya untuk bergerak, serta ayam dapat konsentrasi pada produksi telur.

Oleh karena itu kandang mode ini terbanyak dipakai oleh beberapa peternak ayam petelur, kandang ini satu kotak nya berisi 1 ayam. Supaya tidak mengonsumsi tempat, kandang dapat dibikin bersusun atau bertingkat, optimal 4 tingkat.

Upayakan sinar cahaya matahari dapat masuk kekandang, serta ada perputaran hawa pada kandang, suhu hawa yang pas pada ayam ternak petelur antara 32,2 – 35 °C, dengan kelembaban antara 60 – 70%. Janganlah lupa penerangan atau bila di butuhkan pemanasan kandang sesuai keperluan.

Penentuan Bibit Ternak Ayam Petelur

Type bibit ayam petelur yang popular di Indonesia :

  • Ayam ras petelur putih

Ayam ras petelur putih memiliki ciri – ciri warna bulu putih, serta telur berwarna putih kecoklatan, berat tubuh ayam ras putih dewasa seputar 1,7 kg.

  • Ayam ras petelur cokelat

Ayam ras petelur cokelat memiliki ciri – ciri warna bulu nya yang cokelat, serta telur cokelat, berat tubuh ayam ras cokelat dewasa seputar 2,1 kg.

Untuk kandungan nutrisi pada telur ke-2 ayam itu termasuk memiliki kandungan nutrisi yang sama.

Pilih bibit ayam petelur yang berkualitas bagus sebab bisa memengaruhi hasil produksi telur.

Langkah pilih bibit ayam petelur:

  1. Bibit ayam petelur harus sehat serta tidak cacat
  2. Bulu bibit ayam petelur tutup rata
  3. Perkembangan bibitnya normal
  4. Bibit ayam petelur datang dari indukan yang unggul, upayakan didapatkan dari penjual yang telah terpercaya.

Bila bibit dari anakan (DOC/Day Old Chicken) semestinya;

  1. Anak ayam didapatkan dibuat dari induk yg sehat
  2. Bulu pada anakan tutup rata serta halus
  3. Anakan tidak cacat
  4. Nafsu makan yang baik
  5. Ukuran semua tubuhnya normal
  6. Berat tubuh baik serta sesuai dengan
  7. Tidak ada fases atau kotoran pada duburnya

Itu banyak hal yang penting waktu pilih bibit untuk ternak ayam petelur yang butuh diperhatikan sebab begitu punya pengaruh di hasil panen serta menghindarkan kemungkinan kerugian waktu ternak ayam petelur.

Pemberian Pakan Ternak Ayam Petelur

Waktu ternak ayam petelur butuh memerhatikan pakan, sebab ini penting dalam ternak ayam, supaya memperoleh hasil produksi telur yang optimal.

Dalam pemberian pakan harus berkualitas, yang memiliki faktor kandungan protein, karbohidrat, mineral, kalsium dan vitamin, Untuk penuhi keperluan nutrisi nya.

Ternak Ayam Petelur

Untuk pakan ayam ternak petelur yang biasa diberi ialah konsentrat, dedak, serta jagung yang telah digiling. Pakan diberi tiap 2x satu hari waktu sore dan pagi, dengan ukuran yang cocok, jangan pernah kurang, maupun lebih.

Sebab dapat berefek di hasil produksi telur serta cost pemeliharaan ternak ayam itu supaya tidak membengkak.

Pemberian Nutrisi serta Vitamin Ternak Ayam Petelur

Sama dengan ternak ayam potong yang begitu memberikan keuntungan, pemberian nutrisi serta vitamin ini sangat butuh dikerjakan pada ayam petelur, sebab supaya keperluan pada badan ayam ter cukupi yang punya pengaruh pada perkembangan ayam ternak serta kualitas telur yang di hasilkan.

Nutrisi serta vitamin ini dapat berbentuk obat – obatan yang digabung kan dengan pakan ayam ternak, yang dapat membuat ayam lebih sehat serta lebih produktif untuk membuahkan telur.

Periode waktu untuk memberi vitamin serta nutrisi penambahan pada ternak nya dapat sampai 30 hari sekali, atau justru lebih pendek bergantung dari tingkat keefektifan pada ayam ternak dalam membuahkan telur.

Pemberian Vaksinasi Ternak Ayam Petelur

Menjaga kesehatan pada ayam petelur dengan memberi vaksin untuk mengawasi kebal badan ayam ternak, dalam pemberian vaksinisasi semestinya di kerjakan dengan beberapa pakar supaya pemberian vaksin lebih pas.

Tetap check situasi ayam ternak tentang kesehatan nya, bila ada satu dari ayam yang kita punya mempunyai tanda-tanda terserang serangan virus atau penyakit,.

Selekasnya pisahkan dulu dari ayam lain nya. Ini untuk menahan ayam yang lain nya supaya tidak tertular penyakit.

Berikut manfaat sinar cahaya matahari dapat untuk menahan penyakit pada ayam, sebab akan memberi skema metabolisme badan yang baik buat ayam ternak.

Perawatan Kebersihan Lingkungan Ternak

Tidak hanya perawatan kesehatan pada ayam ternak, yang perlu dilihat ialah perawatan kebersihan kandang.

Ini begitu utamanya sebab mempunyai tujuan supaya ayam ternak terlepas dari semua penyakit dan virus yang muncul dari kandang.

Kondisikan kandang tetap kering, tidak ada kubangan air. Serta harus selekasnya dibikin bersih bila ada kotoran yang menumpuk , juga bisa di semprot dengan desikfetan atau bersihkan kutu, supaya kandang lebih steril.

Penen Ternak Ayam Petelur

Ayam petelur akan mengawali produksi telur waktu mencapai umur 4 bulan, serta akan membuahkan telur tiap hari, hingga kita dapat ambil serta menghimpun nya tiap hari.

Sebelum telur-telur yang di hasilkan ayam ternak itu dipasarkan, sebagus nya di sortir terlebih dulu, lewat cara memisahkan telur yang memiliki kualitas bagus dengan hasil telur yang abnormal. Ciri telur abnormal yakni memiliki bentuk lonjong atau gepeng serta ukuran nya semakin besar atau dapat lebih kecil.

Bila telur yang memiliki kualitas bagus telah terkumpul, telur hasil ternak dapat dipasarkan langsung ke pasar atau pada tengkulak.

Itu hal yang terkait lewat cara ternak ayam petelur yang peluang punya pengaruh besar, serta akan memberi hasil panen yang optimal dan meminimalkan kerugian waktu beternak ayam petelur.

Hingga anda memperoleh keuntungan yang banyak sekali seperti hal nya orang yang ternak ayam bangkok yang begitu memberikan keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*